Skip to content
Mei 21, 2011 / rismaka

Benarkan Ikan Oarfish Mampu Mendeteksi Gempa Besar?

Bencana tsunami besar melanda pantai timur Jepang pada 11 Maret 2011 silam. Bencana itu terjadi setelah sebuah gempa dahsyat dengan kekuatan 8,9 Skala Richter. Sistem keamanan darurat Jepang, saat terjadi tsunami, tampak bekerja dengan bagus memberi peringatan kepada rakyatnya. Namun, tampaknya sistem peringatan dini itu masih kalah cepat dengan peringatan yang disampaikan oleh kelompok ikan oar (oarfish).

oarfish3-1

Oarfish termasuk ke dalam family Regalecidae yang memiliki empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record karena pernah ditemukan seekor yang hidup dengan panjang tubuh hingga mencapai 11 meter (36 kaki).

Tanda-tanda bencana gempa, sepertinya telah dirasakan seminggu sebelum kejadian oleh sekelompok oarfish. Kawanan ikan itu ditemukan terdampar di pantai Jepang, seminggu sebelum tsunami menyapu kawasan pantai timur Jepang.

Kejadian itu, dituliskan oleh laman dailyonigiri.com. Laman itu menuliskan, seminggu sebelum terjadinya gempa besar dan tsunami itu, ditemukan banyak oarfish yang tersapu di daratan pantai Jepang dan sebagian tersangkut di jaring nelayan. Sebelumnya, laman The Telegraph juga pernah memuat artikel tentang oarfish yang muncul ke permukaan sebelum terjadi gempa besar di Cili dan Haiti pada 2010 silam.

oarfish2

Yang menarik, Oarfish ini diduga bisa mendeteksi terjadinya gempa besar. Mengapa demikian?

Oarfish biasanya tinggal di laut dengan kedalaman 1 km (lebih dari 3.000 kaki). Jenis ikan ini sangat jarang ditemukan hidup di laut dengan kedalaman kurang dari 200 meter dari permukaan laut. Ikan ini bisa tumbuh dengan panjang lebih kurang 17 meter (56 kaki).

Menurut kebiasaan kuno Jepang, ikan ini berenang ke permukaan dan pantai sebagai pertanda datangnya gempa bumi. Selain itu, juga terdapat teori ilmiah yang mengatakan binatang lebih sensitif bergerak ke permukaan dari pada manusia.

Beberapa ilmuan percaya ikan yang hidup di laut dalam sangat sensitif terhadap gerakan bumi dan biasanya selalu mendahului terjadinya gempa bumi. Meski demikian, kebanyakan ahli gempa tidak melihat hubungan ilmiah antara fenomena oarfish dengan gempa bumi.

Tapi, apakah mungkin ikan-ikan itu mengetahui apa yang terjadi di bawah permukaan? Pada zaman kuno, ketika belum memiliki peralatan yang canggih, orang-orang Jepang mempercayai beberapa ikan, terutama lele, sebagai pertanda akan terjadinya bencana gempa.

Sumber: Vivanews.com

  1. Cahya / Mei 21 2011 12:43 pm

    Old wisdom kadang memang lebih bijak daripada teknologimodern, namun kebijakkan itu sendiri menjadi terselubung kabut, kalau masih bergulat di antara kata bijak dan takhayul.

    Tapi ikannya lucu, punya antena segala🙂.

    • rismaka / Mei 21 2011 12:49 pm

      Cahya,
      Mungkin memang benar, seperti kepercayaan masyarakan di suatu desa, bila banyak hewan liar turun gunung itu artinya gunung tsb sedang dalam kondisi “siaga” untuk meletus. Tapi oleh masyarakat setempat dianggap bahwa “penguasa” gunung” tsb sedang marah, makanya harus mengungsi🙂

      Kalau lucu dipelihara aja mas, lumayan buat ditaroh di aquarium😀

      • Cahya / Mei 21 2011 2:38 pm

        Wah…, cari di mana akuarium sedalam 1 Km😀.

    • yana / Mar 22 2012 10:48 am

      hahaha ada ada aja

  2. Fonega / Jun 2 2011 4:11 pm

    wih gilak, ikan tah itu?

  3. sayangdia / Jul 19 2011 7:59 pm

    ikan.a gede pisan euy ._.

  4. azkaazzahra / Agu 17 2011 3:02 am

    ikan sebagai tanda.

  5. put3rizhal / Agu 11 2012 10:14 pm

    hahahahahahahahah ikan nya ghk gedek x

  6. jual bibit gurame / Mar 12 2013 12:30 am

    dari habitat dikedalaman seperti itu, kemungkinan besar ikan ini mampu lebih dulu mendeteksi gempa yang didahulukan oleh getaran-getaran .

  7. kredit tanpa agunan / Mar 12 2013 12:32 am

    Indonesia juga harus mengenali pola tingkah fauna bawah lautnya sebagai sinyal alam

  8. shampo noni bsy / Jun 27 2014 4:07 pm

    itu foto ikan orifash yang lagi di bawa sama orang-orang itu gan?
    besar dan panjang amat ya ternyata😉
    terimakasih untuk pengetahuannya😀

  9. mobil datsun bandung / Apr 10 2015 12:11 pm

    wihhh gede banget ikannya dan hebat juga ya bisa mendeteksi😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: