Lanjut ke konten
Februari 28, 2011 / rismaka

9 Kura-kura yang Unik dan Langka

Di dunia ini ada ratusan jenis kura-kura baik yang hidup di darat maupun yang hidup di perairan. Kura-kura merupakan jenis reptil yang banyak diperdagangkan. Selain karena bentuk fisiknya yang menarik, keunikan lainnya timbul karena warna serta coraknya yang menawan. Berikut ini adalah 9 jenis kura-kura yang unik dan langka. Semoga kita semua dapat melindungi kura-kura ini dari ancaman kepunahan.

  1. Kura-kura leher panjang

    Kura-kura leher panjang

    Kura-kura ini tidak hanya aneh karena penampilannya saja, tetapi juga karena sebagian sifat. Ketika merasa terancam, Eastern Long-necked Turtle akan memancarkan bau yang ofensif cairan dari kelenjar kesturi itulah sebabnya itu juga dikenal sebagai “orang yg buruk tabiatnya.” Nama umum lainnya termasuk common kura-kura leher ular, Timur kura-kura leher ular, atau common panjang leher kura-kura dan fitur yang paling khas lehernya yang sangat panjang. Ini adalah jenis kura-kura berleher samping, yang berarti bahwa membungkuk kepalanya ke samping ke dalam tempurung bukan langsung menariknya kembali.

  2. Black-knobbed Map Turtle

    Black-knobbed Map Turtle

    Black-knobbed Map Turtle adalah salah satu spesies penyu yang asli Amerika Serikat. Spesies ini menghabiskan sebagian besar hari berjemur di pohon-pohon tumbang dan cepat melompat ke dalam air ketika mendekat. Mereka mencari perlindungan di dasar sungai dan di antara cabang-cabang pohon-pohon tumbang.

  3. Cantor’s giant soft-shelled turtle (Pelochelys cantorii)

    Pelochelys cantorii

    Cantor’s Giant Soft-shelled Turtle adalah salah satu spesies kura-kura air tawar yang memiliki lebar kepala dan mata kecil dekat ujung moncongnya. Ini dapat tumbuh hingga 6 meter (sekitar 2 meter) panjangnya dan beratnya lebih dari 100 pound (sekitar 50 kilogram). Kura-kura yang tidak biasa menghabiskan 95% dari kehidupan yang terkubur dan tak bergerak, dengan hanya mata dan mulut yang menonjol dari pasir. Itu permukaan hanya dua kali sehari untuk mengambil napas.

  4. Spiny Softshell Turtle (Apalone spinifera)

    Apalone spinifera

    Spiny Softshell Turtle atau Apalone spinifera adalah salah satu spesies kura-kura air tawar terbesar di benua Amerika Utara. Ia mendapat namanya dari berduri, kerucut seperti proyeksi di tepi terkemuka cangkangnya.

  5. Argentine Snake-necked Turtle (Hydromedusa tectifera)

    Hydromedusa tectifera

    Spesies ini ditemukan di Argentina, Uruguay, Paraguay dan Brazil adalah hewan peliharaan yang populer dalam perdagangan hewan peliharaan yang eksotis. Ia juga dikenal sebagai Amerika Selatan Snake-necked Turtle, kura-kura yang dikenal dengan leher panjang maka nama. Meskipun Argentina Snake-necked Turtle sebenarnya lebih terkait dengan Mata mata daripada Australia Snake-necked Turtles.

  6. Kura-kura kepala besar (Platysternon megacephalum)

    Platysternon megacephalum

    Selain dari kepala yang sangat besar, Platysternon megacephalum diketahui dengan mudah memanjat pohon di dekat aliran sungai dan cepat.

  7. Common Snapping Turtle (Chelydra serpentina)

    Chelydra serpentina

    Pada tahun 2006, Snapping Turtle dinyatakan sebagai reptil negara bagian New York setelah populer dipilih oleh negara. Jenis ini adalah penyu air tawar besar daripada yang bisa ditemukan di Kanada, Meksiko untuk Ekuador. Spesies ini dan Alligator Snapping Turtle besar, keduanya secara luas disebut sebagai kura-kura atau snappers patah. Common snappers diburu sangat untuk daging yang merupakan bahan populer sup kura-kura. Kura-kura ini terkenal karena kecenderungannya yang agresif ketika keluar dari air, paruh yang kuat-seperti rahang dan kepala yang sangat elastis, dan leher (karena itu nama khusus “serpentina,” yang berarti “seperti ular”). Kura-kura ini hidup sampai 47 tahun di penangkaran, sedangkan usia individu liar diperkirakan sekitar 30 tahun.

  8. Pig-nosed Turtle (Carettochelys insculpta)

    Carettochelys insculpta

    Pig-nosed Turtle adalah salah satu spesies kura-kura bercangkang lunak endemik air tawar sungai, laguna dan sungai-sungai di Australia.

  9. Alligator Snapping Turtle (Macrochelys temminckii)

    Macrochelys temminckii

    Alligator Snapping Turtles adalah salah satu kura-kura air tawar terbesar di dunia. Spesies ini akan memakan hampir apa saja dapat menangkap dan juga dikenal untuk membunuh buaya, makan ular, dan bahkan kura-kura lain.

Sumber: Berita-aneh.blogspot.com

About these ads
  1. Cahya / Feb 28 2011 7:36 pm

    Wah, kura-kura ninja ndak ada :D – rasanya kalau langka ndak boleh dipelihara :(.

  2. ayuni nadha / Apr 22 2011 10:20 am

    saya suka kura2 yg ciut.ada tak?

  3. ayuni nadha / Apr 22 2011 10:22 am

    ada takkkkkkkk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: